Cara Klaim Asuransi Mobil Di Indonesia Yang Mudah

Pada saat mobil mengalami kecelakaan, atau kerusakan di jalan, maka segera untuk klaim asuransinya. Hal ini penting dilakukan untuk bisa segera dapatkan layanan klaim dari asuransi mobil di Indonesia. Untuk bisa melancarkan klaim, maka harus memahami tahap demi tahap cara yang harus dilakukan, apa saja?

1. Hubungi Segera Pihak Asuransi

Pada saat mobil mengalami kecelakaan, atau kejadian lain yang menyebabkan mobil rusak, bisa juga hilang. Maka segeralah untuk melapor kondisi terkini dengan menghubungi pihak asuransi yang terkait. Dimana ketika menghubungi pihak asuransi ini harus siap dengan segala macam pelaporan yang ada.

Kondisi pelaporan yang harus dilaksanakan saat ini yaitu diberi waktu biasanya 3 x 24 jam sejak kejadian. Maka semakin cepat melapor akan semakin baik untuk segera ditangani oleh pihak asuransi. Juga tentunya bisa mempercepat klaim mobil yang dialami.

2. Siapkan dan Tunjukkan Bukti

Ketika sudah berhasil menghubungi pihak asuransi maka siapkan serta tunjukkan bukti yang paling valid. Misalnya jika mobil mengalami lecet, tergores atau rusak lainnya maka segera foto bagian mobil tersebut. Jika kondisi mobil tidak terdeteksi alias hilang maka segera berikan bukti CCTV yang ada guna memperkuat.

Apapun yang diajukan pada klaim asuransi mobil di Indonesia ini harus disertai dengan bukti yang kuat. Sama halnya ketika mengajukan klaim asuransi kesehatan pun harus dilampiri surat berkaitan dengan perawatannya. Dengan begitu pihak asuransi akan lebih mudah menanganinya dan segera memproses klaim tersebut secepatnya.

3. Menjelaskan Kronologi Peristiwa Dengan Lengkap dan Jelas

Pada saat sudah melapor, mempersiapkan bukti maka berikutnya adalah menjelaskan secara detail kronologi peristiwa. Misalnya saja terjadi kecelakaan pada mobil, artinya pemilik harus menceritakan detailnya dengan lengkap dan jelas. Dengan didukung oleh bukti yang diberikan pada pihak asuransi maka bisa segera terklaim asuransinya.

Kronologi peristiwa tentang risiko yang terjadi pada mobil, seperti rusak, parah akibat kecelakaan atau hilang. Hal ini akan jadi tambahan pelaporan yang valid sebagai syarat lancarnya pengajuan klaim asuransi yang ada. Biasanya pihak asuransi juga akan langsung melaksanakan pengecekan secara detail seperti apa di TKP.

4. Mengisi Formulir yang Disediakan Pihak Asuransi

Setelah semuanya siap, maka pengisian formulir juga bagian penting ketika harus klaim asuransi. Dengan begitu, pihak asuransi akan mendapatkan data yang valid dari nasabah setelah isi formulir klaim. Dari formulir tersebut juga akan jelas tipe mobil, pemiliknya, jenis asuransi yang dipilih dan kerusakan mobilnya.

Jika sudah dirasa lengkap untuk isi form, maka penting juga untuk memantau progress pada klaim yang dilakukan. Dengan begitu akan bisa terlihat apakah pengajuan asuransi ini sudah sesuai dan segera diproses oleh pihak asuransi.

5. Klaim Melalui Bengkel Rekanan yang Ditunjuk Pihak Asuransi

Jika sudah semuanya lengkap untuk syarat pengajuan klaim, maka bisa langsung ke jasa bengkel rekanan. Biasanya pihak asuransi akan menunjuk beberapa bengkel yang menjadi rekanan untuk bisa memperbaiki mobil. Dengan begitu mobil akan lebih cepat terproses dengan baik dan segera mendapatkan pelayanan.

Biasanya saat sudah masuk bengkel akan banyak perbaikan yang sesuai dan disetujui oleh pihak asuransi. Pastikan berbagai kerusakan tersebut bisa tercover oleh asuransi dan mendapatkan klaim penuh. Dengan begitu mobil yang diasuransikan bisa mendapatkan pelayanan maksimal dari klaim yang diajukan.

Beberapa cara klaim asuransi mobil di Indonesia ini tentunya mudah dilakukan. Nasabah juga bisa mendapatkan klaim asuransi kesehatan dengan mudah jika melewati prosedur secara benar. Yang terpenting dari klaim ini adalah segala syarat yang ditentukan terpenuhi dengan baik.

Leave a Comment